C++ Tutorial

C++ – Data Types – Array

Waktu yang dibutuhkan: 20-30 menit.

Akhirnya kita sampe pada post terakhir dalam data types series. Untuk yang tipe data yang terakhir ini kita akan mengenal tipe data array. Array adalah kumpulan dari beberapa data.

Tujuan dari penggunaan array adalah membuat sebuah kumpulan dari beberapa data. Perhatikan program ini,

Program di atas merupakan program sederhana untuk meminta input berupa lima (5) buah bilangan bulat. Lalu bagaimana jika ternyata kita membutuhkan angka lebih dari 5, misalnya saja 100. Tentu variable yang harus kita deklarasikan akan semakin banyak, bukan?

Yap, array to the rescue tuit tuit tuit. Kelebihan array adalah dengan satu buah variable kita dapat menyimpan banyak data. Ilustrasi array dapat dilihat di bawah ini,

Illustrasi array
Illustrasi array

Kita dapat menggunakan array saat kita membutuhkan sebuah variable yang dapat menampung lebih dari satu data dan data-data tersebut memiliki tipe data yang sama.

Dalam contoh di atas kita membutuhkan sebuah array (kumpulan) bertipe data integer. Karena kita ingin menyimpan banyak data bilangan. Untuk dapat mengakses element pada array kita dibutuhkan index. Pada C++ index array dimulai dari angka 0. Untuk mengaksesnya menggunakan tanda ‘ [] ‘ Untuk lebih jelasnya perhatikan potongan kode di bawah ini.

Deklarasi array cukup dengan menggunakan tanda ‘[]’ yang diisikan dengan besar (banyak kotak) array yang kita inginkan. Namun perlu diingat bahwa karena index array dimulai dari 0 maka indeks paling akhir adalah size – 1. Contohnya jika kita mendeklarasikan array dengan size = 5 maka indeks akan terbentuk seperti pada illustrasi di atas.

Sehingga kode program dapat menjadi seperti berikut,

Bagaimana lebih rapi kan? Mungkin kalian akan bertanya-tanya mengapa harus menggunakan array. Nanti kita akan bahas mengenai array lebih lanjut saat kita membahas perulangan.

Jangan lupa untuk mencoba mengutak-atik code yang ada, hal tersebut dapat meningkatkan pemahaman anda secara signifikan. Jika ada pertanyaan langsung kalian dapat menyampaikannya pada komentar di post ini.

Berikutnya kita akan membahas berbagai macam operator pada C++. Akhirnya rangkaian data types tutorial telah selesai. Jika ada kritik dan saran jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya :) Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *