DuinoLab Kit Tutorial

DuinoLab Starter Kit #11 Pt. 2: Stop Watch (Multiplexing)

 

9 thoughts on “DuinoLab Starter Kit #11 Pt. 2: Stop Watch (Multiplexing)

  1. saya mau bertanya untuk Multiplexing dengan menggunaan servo apakah sama seperti itu atau bagaimana pak.
    mhon bantuanya terimaksih

  2. 1. Setelah dicoba,semua bagian garis atas di 7 segment tak menyala. Angka 7 jadi 1 karena garis datar atas tak menyala. Apa penyebabnya?
    2. Apakah tidak salah posisi kabel ground hitam di shift register dan tombol sentuh (lihat gambar)

    1. Kalau bagian atas saja yang tidak menyala, kemungkinan koneksi kabel ke pin 11 seven seg. (kabel kuning ke pin 7 Shift Register) tidak tersambung ke Shift Register dengan benar (mungkin kabel putus)

    1. Kabel hitam di kaki / pin 8 atau 13 ya? Untuk pin 8 memang diperlukan sebagai power source, dan untuk pin 13 digunakan untuk mengaktifkan Output Enable pada Shift Register.

    1. Tipe diatas adalah “Common Cathode”, lazimnya Common Cathode memerlukan GND untuk tiap digit dan (+) untuk tiap segmennya; dan sebaliknya untuk “Common Anode”, VCC untuk tiap digit dan GND untuk tiap segmennya.

      Untuk mengeceknya bisa dicoba saja menghubungkan GND dan (+) ke salah satu digit dan segmen sesuai dengan rangkaian di video (jangan lupa resistor) atau gunakan multimeter. Bila tidak menyala bisa coba ditukar, dan bila menyala saat ditukar, berarti adalah Common Anode :)

      Untuk lebih jelasnya coba cek datasheet komponen tsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *